Selasa, 27 Januari 2009

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

PANDUAN MATERI
UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2004/2005

SMA/MA/SMK

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN
DEPDIKNAS
©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG
©©

i

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

KATA PENGANTAR

Dalam rangka sosialisasi kebijakan dan persiapan penyelenggaraan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah/Madrasah Tahun Pelajaran 2004/2005, Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas menyiapkan panduan materi untuk setiap mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Panduan tersebut mencakup: 1. Gambaran Umum Format dan Bentuk Ujian 2. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Ruang Lingkup Materi 3. Contoh Spesifikasi Soal 4. Pedoman Penskoran Panduan ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi sekolah/madrasah dalam mempersiapkan penyelenggaraan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, serta sebagai informasi dan acuan bagi peserta didik, guru, dan pihakpihak terkait dalam menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah/Madrasah. Semoga panduan ini digunakan sebagai acuan oleh semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2004/2005.

Jakarta, Januari 2005 Kepala Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Depdiknas

Bahrul Hayat, Ph.D. NIP. 131 602 652

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

i

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

DAFTAR ISI

Halaman Kata Pengantar ............................................................................................................................. Daftar Isi ...................................................................................................................................... Gambaran Umum ......................................................................................................................... Standar Kompetensi Lulusan ....................................................................................................... Contoh Spesifikasi Soal ............................................................................................................... Langkah-langkah Penskoran ........................................................................................................ i ii 1 2 3 15

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

ii

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

Gambaran Umum
• • • Pada ujian sekolah tahun pelajaran 2004/2005, bentuk tes Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK, berupa tes tertulis dan tes praktik. Acuan yang digunakan dalam penyusunan tes ujian sekolah adalah kurikulum 1994 beserta suplemennya, dan standar kompetensi lulusan. Materi yang diujikan untuk mengukur kompetensi tersebut meliputi: Al-Qur’an, akhlak, syari’ah, ibadah, muamalah, dan tarikh.

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

1

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

Standar Kompetensi Lulusan
Standar Kompetensi Lulusan 1 1.Siswa mampu mendeskripsikan ayat-ayat Al-Qur’an, dan mengamalkan ajaranajarannya dalam kehidupan sehari-hari 2.Siswa mampu menerapkan aqidah Islam dalam kehidupan sehari-hari Ruang Lingkup Materi 2 Surat Az-Zumar 6, Al-Baqarah 233 dan 168, Al-An’am 141, Ar-Rum 41, Al-Baqarah 267, Al-Isra 26-27, Yunus 37-38, Al-Maidah 48, Al-Jatsiyah 12-13, Al-Qashash 7677, Ar-Rahman 33, Al-Mukminun 12 s/d 14, An-Nahl 65. Iman kepada Allah, Iman kepada Malaikat, Iman kepada Kitab-kitab, hal-hal yang merusak Iman, Iman kepada AlQur’an, Iman kepada Rasul Allah, Iman kepada Hari Akhir, Iman kepada Qada dan Qadar, serta sikap dan perilaku orang beriman. Keadilan, ikhlas, kesetiakawanan, syukur nikmat, etos kerja, disiplin, berpikir positif atau quna’ah dan penyakit masyarakat. Dinul Islam, sumber-sumber hukum Islam, Wakaf, riba dan perbankan, kerukunan umat beragama, munakahat, dan marawis. Salat berjama’ah, macam-macam sujud, salat fardu dalam berbagai keadaan, khutbah jum’at, salat sunat, zikir dan do’a, penyelenggaraan jenazah, kedudukan dan hikmah salat, zakat dan pajak, ibadah haji dan umrah Musyawarah dalam Islam, perseroan atau syirkah perdamaian atau islah,

3.Siswa mampu menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari 4.Siswa mampu melaksanakan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari 5.Siswa mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan ajaran Islam

6.Siswa mampu melaksanakan muamalah sesuai dengan ketentuan ajaran Islam 7.Siswa mampu mendeskripsikan perkembangan tarikh Islam, dan hikmahnya untuk kepentingan hidup sehari-hari

Islam di Indonesia, peranan umat Islam di Indonesia, Islam di Asia, Islam di beberapa Benua, peradaban Islam, dan ilmu pengetahuan.

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

2

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

CONTOH SPESIFIKASI UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran Program Studi Bentuk soal : : : Pendidikan Agama Islam Semua Jurusan Pilihan Ganda Tertulis

Bentuk penilaian : Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Indikator No. Soal Contoh Soal : : : : :

(1) Siswa mampu mendeskripsikan ayat-ayat Al-Qur’an, dan mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari Surat Al-Ma’idah ayat 48 Siswa dapat menyimpulkan kandungan Surat Al-Ma’idah ayat 48, tentang kebenaran Al-Qur’an 1

Salah satu kandungan Surat Al-Ma’idah ayat 48 adalah .... a. kandungan Al-qur’an mengandung kebenaran b. kebenaran Al-qur’an adalah mutlak c. Al-qur’an adalah kalamullah d. Al-qur’an bukan ciptaan Muhammad e. menjelaskan berbagai persoalan hidup Kunci : B

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

3

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

CONTOH SPESIFIKASI UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran Program Studi Bentuk soal : : : Pendidikan Agama Islam Semua Jurusan Pilihan Ganda Tertulis

Bentuk penilaian : Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Indikator No. Soal Contoh Soal : : : : :

(2) Siswa mampu menerapkan aqidah Islam dalam kehidupan sehari-hari Sikap dan perilaku orang beriman Siswa dapat mengidentifikasi syarat melaksanakan taubatan nasuha 2

Salah satu syarat melaksanakan taubatan nasuha adalah .... a. menghentikan perbuatan dosa b. bersujud di dalam masjid c. menyesali perbuatannya d. bersumpah tidak mengulangi e. berzikir sebanyak-banyaknya Kunci : A

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

4

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

CONTOH SPESIFIKASI UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran Program Studi Bentuk soal : : : Pendidikan Agama Islam Semua Jurusan Pilihan Ganda Tertulis

Bentuk penilaian : Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Indikator No. Soal Contoh Soal : : : : :

(2) Siswa mampu menerapkan aqidah Islam dalam kehidupan sehari-hari Hal-hal yang merusak Iman Siswa dapat mengidentifikasi pengertian riya menurut bahasa 3

Pengertian riya’ menurut bahasa adalah .... a. memperlihatkan yang sebenarnya b. memperlihatkan yang bukan sebenarnya c. melakukan sesuatu dengan ikhlas d. melakukan sesuatu semata-mata ridha Allah e. melakukan sesuatu perbuatan tanpa pamrih Kunci : B

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

5

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

CONTOH SPESIFIKASI UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran Program Studi Bentuk soal : : : Pendidikan Agama Islam Semua Jurusan Pilihan Ganda Tertulis

Bentuk penilaian : Standar Kompentensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Indikator No. Soal Contoh Soal : : : : :

(4) Siswa mampu melaksanakan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari Mawaris Siswa dapat mengidentifikasi ketentuan hikmah pembagian harta warisan 4

Salah satu ketentuan hikmah pembagian harta warisan adalah .... a. sebagai tanda kasih sayang antara mayit dengan ahli waris b. mengangkat derajat kaum wanita mendapat warisan c. sangat memperhatikan nasib ahli waris yang ditinggalkan d. sebagai tanda ahli warisan e. mengangkat derajat fakir miskin Kunci : C

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

6

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

CONTOH SPESIFIKASI UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran Program Studi Bentuk soal : : : Pendidikan Agama Islam Semua Jurusan Pilihan Ganda Tertulis

Bentuk penilaian : Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Indikator No. Soal Contoh Soal : : : : :

(4) Siswa mampu melaksanakan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari Munakahat Siswa dapat mengidentifikasi pengertian Hadits tentang nikah 5

Hadits tersebut adalah dalil naqli tentang .... a. salat b. puasa c. zakat d. haji e. nikah Kunci : E

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

7

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

CONTOH SPESIFIKASI UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran Program Studi Bentuk soal : : : Pendidikan Agama Islam Semua Jurusan Pilihan Ganda Tertulis

Bentuk penilaian : Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Indikator No. Soal Contoh Soal : : : : :

(5) Siswa mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan ajaran Islam Zikir dan Do’a Siswa dapat mengidentifikasi pengertian zikir menurut bahasa 6

Pengertian zikir menurut istilah, yaitu mengucapkan kalimat suci, sedangkan pengertian zikir menurut bahasa adalah .... a. mengingat Allah b. mengharap Allah c. menemukan Allah d. menghormati Allah e. mendengarkan Allah Kunci : A

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

8

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

CONTOH SPESIFIKASI UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran Program Studi Bentuk soal : : : Pendidikan Agama Islam Semua Jurusan Pilihan Ganda Tertulis

Bentuk penilaian : Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Indikator No. Soal Contoh Soal : : : : :

(6) Siswa mampu melaksanakan muamalah sesuai dengan ketentuan ajaran Islam Perseroan atau Syirkah Siswa dapat mengidentifikasi pengertian musaqoh 7

Kerjasama antara pemilik kebun dan pemelihara kebun dengan perjanjian bagi hasil yang jumlahnya ditentukan menurut kesepakatan bersama disebut .... a. qirod b. musaqoh c. muzaro’ah d. mukhabaroh e. syirkah Kunci : B

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

9

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

CONTOH SPESIFIKASI UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran Program Studi Bentuk soal : : : Pendidikan Agama Islam Semua Jurusan Pilihan Ganda Tertulis

Bentuk penilaian : Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Indikator No. Soal Contoh Soal : : : : :

(7) Siswa mampu mendeskripsikan perkembangan tarikh Islam, dan hikmahnya untuk kepentingan hidup sehari-hari Islam di Indonesia Siswa dapat mengidentifikasi sejarah masuknya Islam di Indonesia 8

Para ahli sejarah mengatakan bahwa masuknya Islam di Indonesia pada abad ke-XIII. Hal ini bertepatan dengan ditaklukkannya Dinasti Abbasyiah oleh Halagu Khan, yaitu .... a. pada tahun 1297 b. pada tahun 1258 c. pada tahun 1261 d. pada tahun 1292 e. pada tahun 607 M Kunci : B

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

10

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

CONTOH SPESIFIKASI UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran Program Studi Bentuk soal : : : Pendidikan Agama Islam Semua Jurusan Uraian Tertulis

Bentuk penilaian : Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Indikator No. Soal Contoh Soal : : : : :

(3) Siswa mampu menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari Ikhlas Siswa dapat mengidentifikasi keutamaan dan hikmah ikhlas dalam perbuatan 9

Ikhlas dalam beramal termasuk akhlak mulia yang mengandung banyak keutamaan dan mendatangkan hikmah dalam kehidupan sehari-hari. Coba Anda tuliskan keutamaan dan hikmah ikhlas dalam perbuatan! Pedoman Penskoran No. 9 : Kunci Jawaban Terpelihara dari segala godaan setan --------------------------------------Seantiasa bersyukur kepada Allah SWT ----------------------------------Senantiasa bersabar dan tawakkal ------------------------------------------Senantiasa hidup lurus dan istiqamah -------------------------------------Memperoleh ketenangan, ketentraman dan kesejahteraan --------------Skor Maksimum Skor 1 1 1 1 1 5

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

11

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

CONTOH SPESIFIKASI UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran Program Studi Bentuk soal : : : Pendidikan Agama Islam Semua Jurusan Uraian Tertulis

Bentuk penilaian : Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Indikator No. Soal Contoh Soal : : : : :

(4) Siswa mampu melaksanakan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari Munakahat Siswa dapat mengidentifikasi tujuan Nikah 10

Nikah merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan umat manusia, oleh karena itu nikah memiliki tujuan yang sangat mulia di sisi Allah SWT. Coba Anda tuliskan 5 (lima) dari 7 (tujuh) tujuan nikah yang Anda ketahui! Pedoman Penskoran No. 10 : Kunci Jawaban Membentuk rumah tangga bahagia --------------------------------------Memenuhi kebutuhan biologis -------------------------------------------Mendapatkan keturunan yang sah ---------------------------------------Melaksanakan perintah Allah SWT -------------------------------------Membina rasa kasih-sayang ----------------------------------------------Skor Maksimum Skor 1 1 1 1 1 5

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

12

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

CONTOH SPESIFIKASI UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran Program Studi Bentuk soal : : : Pendidikan Agama Islam Semua Jurusan -Praktik

Bentuk penilaian : Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Indikator No. Soal Contoh Soal : : : : :

(5) Siswa mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan ajaran Islam Penyelenggaraan Jenazah Siswa dapat mengidentifikasi tata cara menshalatkan jenazah 11

Coba Anda praktikkan tata cara menshalatkan jenazah! Pedoman Penskoran No. 11 : Kunci Jawaban Mengamati tata cara menshalatkan jenazah ------------------------------Benar bacaan, gerakan, serasi, dan tertib ----------------------------------Benar bacaan, gerakan, dan serasi -----------------------------------------Benar bacaan dan gerakannya ----------------------------------------------Benar bacaannya --------------------------------------------------------------Tidak benar bacaan dan gerakannya ---------------------------------------Skor Maksimum Skor 0–4 4 3 2 1 0 4

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

13

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

CONTOH SPESIFIKASI UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
Mata Pelajaran Program Studi Bentuk soal : : : Pendidikan Agama Islam Semua Jurusan -Praktik

Bentuk penilaian : Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Indikator No. Soal Contoh Soal : : : : :

(5) Siswa mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan ajaran Islam Haji dan Umrah Siswa dapat mengidentifikasi tata cara mengerjakan haji 12

Coba peragakan bagaimana cara mengerjakan haji qiran! Pedoman Penskoran No. 12 : Kunci Jawaban Mengamati cara mengerjakan haji : --------------------------------------Ikhram untuk haji dan umrah dari miqat dengan membaca “Labaikallahumma hajja wa’umroh” Melakukan shalat sunat 2 rakaat, kemudian menuju Kota Mekkah sambil membaca talbiyah Sampai di Mekkah menuju masjidil Haram untuk melakukan thawaf qudum Pada tanggal 8 Dzulhijah berangkat menuju Arafah Pelaksanaannya sama dengan haji Ifrad, bedanya setelah tahllul tsani tidak melakukuan umrah sebab umrah dikerjakan sekaligus dengan haji Nomor 1 s.d 5 benar dan berurutan ------------------------------------------Nomor 1 s.d 4 benar dan berurutan ------------------------------------------Nomor 1 s.d 3 benar dan berurutan ------------------------------------------Nomor 1 s.d 2 benar dan berurutan ------------------------------------------Nomor 1 saja benar -------------------------------------------------------------Skor Maksimum
DEPDIKNAS
©

Skor 0–5

5 4 3 2 1 5 14

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN SOAL, PEDOMAN PENSKORAN CARA PENSKORAN, DAN CARA PERHITUNGAN NILAI AKHIR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2004/2005
1. Lihat dan pahami standar kompetensi lulusan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2. Tetapkan jumlah indikator di tiap-tiap kompetensi yang akan diujiakan. 3. Tuliskan ke dalam format kompetensi yang diuji, indikator, nomor soal, soal dan kunci/kriteria jawaban ke dalam format spesifikasi tes. 4. Penskoran Bentuk soal Penskoran Pilihan ganda Setiap jawaban diberi skor 1 dan bila salah diberi skor 0. Uraian Setiap kata kunci yang dijawab benar diberi skor 1 dan bila salah atau tidak dikerjakan diberi skor 0. 5. Cara perhitungan nilai akhir penskoran a. Nilai Tes tertulis Misal Firman memperoleh skor seperti tertera pada kolom skor perolehan Bentuk Jumlah Nomor Skor Skor soal soal soal maksimum perolehan Pilihan ganda 45 1 – 45 45 40 Jumlah Bentuk soal Uraian Jumlah soal 5 Nomor soal 1 2 3 4 5 45 Skor maksimum 4 4 4 4 5 21 40 Skor perolehan 3 4 3 4 4 18

Jumlah

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

15

Panduan Materi Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK − Kurikulum 1994

Nilai pilihan ganda =

40 x 10 = 8,89 45

Nilai uraian =

18 x 10 = 8,57 21 = (70% x nilai pilihan ganda) + (30% x Nilai uraian) = (70% x 8,89) + (30%) x 8,57) = 6,22 + 2,57 = 8,79

Perbandingan bobot untuk soal pilihan ganda dan uraian adalah 7 : 3. Nilai akhir

b. Nilai Tes Praktik Misal: pada tes praktik (soal nomor 1) dengan skor maksimum 4, Kesti dapat melakukan 3 perintah dengan benar. Skor yang diperoleh Kesti adalah 3. Nilai Tes praktik = skor perolehan 3 x 10 = x 10 = 7,50 skor maksimum 4

Bila lebih dari satu tes praktik, maka nilai akhirnya adalah nilai rata-ratanya.

DEPDIKNAS

©

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG

16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar